Senin, 18 Maret 2019

Big Data


Nama : Igal Liftaringga
NPM  : 53415235
Kelas  : 4IA03

Big data secara sederhana dapat diartikan sebagia himpunan data yang sangat besar baik data yang terstruktur maupun tidak terstruktur yang tidak mampu diolah oleh sistem komputer dan perangkat lunak konfensional. Istilah big data masih terbilang baru, Salah satu penjelasan paling mudah dimengerti tentang big data adalah pengumpulan dan penggunaan informasi dari berbagai sumber untuk membuat keputusan yang lebih baik. Big data sebagai sebuah konsep tentang sebuah  kemampuan untuk menganalisa dan  mengumpulkan  jumlah data yang sangat besar dimana data tersebut datang setiap harinya.

Big data memiliki 3 bagian penting yaitu :

Volume
Ukuran data memang penting. Sesuai dengan namanya, kita perlu memproses volume data yang cukup besar untuk big data.S alah satu permasalahan yang big data coba pecahkan adalah meledaknya volume data pada  suatu organisasi yang ingin simpan atau proses, namun dengan adanya teknologi baru pada saat ini seperti Hadoop bisa meredakan masalah  volume ini.

Variety
Variety adalah permasalahan yang terjadi karena keberagaman data, baik itu dari format file data yang masuk, maupun format / struktur dari isi data tersebut. Sebuah data tradisional biasanya lebih terstruktur. Namun Dengan semakin berkembangnya big data, kini terdapat data yang belum terstrukur contohnya seperti audio, video dan text.

Velocity
velocity di sini dapat dilihat dari seberapa cepat kita mampu mendapatkan sebuah hasil dari analisis terhadap aliran data yang terus mengalir di saat yang hampir bersamaan dengan datangnya data tersebut.

Pengaplikasian big data 

Internet of things
Semakin banyakanya device yang terhubung pada internet maka semakin banyak pula data yang disimpan.

Machine learning
Dengan Machine Learning, komputer dapat mempelajari data yang banyak untuk melakukan sesuatu.

Artificial intelligence
selain mempelajari data yang banyak, komputer juga dapat memprediksi tindakan apa saja yang harus dilakukan kedepannya

0 comments:

Posting Komentar